Home » » Inilah Waktu yang Tepat Mengucapkan ‘Barakallah’

Inilah Waktu yang Tepat Mengucapkan ‘Barakallah’

 
Sobat, pernah dengar lagunya Maher Zain yang judulnya Barakallah? Nah… buat Sobat  yang sering datang ke walimahan, pasti udah akrab banget di telinga ya Sob? 


Sobat pernah bertanya-tanya dalam hati gak Sebenarnya kapan aja sih waktu yang tepat untuk mengucapkan ‘barakallah’? apakah pada orang yang menikah saja? Nah… berikut ini akan kasih penjelasan lengkapnya Sob, kapan waktu yang tepat untuk mengucapkan ‘barakallah’? simak ya Sob… 

Barakallah adalah ungkapan yang baik. Namun, tidak semua kejadian bisa ditanggapi dengan ucapan ‘barakallah’.  Ada waktu yang tepat untuk mengucapkan do’a ini, yaitu:
 
1. Ketika mendapat hadiah atau pemberian 

 Sobat pernah diberikan hadiah oleh orangtua, saudara, sahabat, rekan kerja? nah… ketika diberikan hadiah, jangan lupa untuk mendoakan kebaikan bagi orang yang telah memberi. Seperti yang dicontohkan oleh para sahabat Nabi ketika mendapat kiriman daging dari Siti ‘Aisyah ra. Salah satu do’a yang baik dan cukup simpel adalah “Baarakallah laka/ki/kum”.
 
2. Ketika hendak memberi hadiah
Ketika kita akan memberikan hadiah kepada orang lain, sebaiknya ucapkan doa, agar hadiah yang kita berikan diberkahi Allah dan bermanfaat bagi si penerima. 
 
Jika kita lebih dulu mendapat doa ‘barakallah’ dari orang yang kita beri, maka jawablah dengan ‘wa fika/ki/kum barakallah.
  
3. Ketika ada yang millad
Ketika ada anggota keluarga, saudara, guru ataupun teman yang sedang millad, kita boleh mendoakan keberkahan bagi usianya yang semakin berkurang itu. Doanya yaitu, “Baarakallaah fii ‘umrik” yang artinya “Semoga Allah memberkahi usiamu”.
 
4. Ketika pernikahan
Nabi SAW mengajarkan agar kita mendo’akan pengantin yang baru menikah dengan doa:
بارك الله لك وبارك عليك وجمع بينكما في خير
Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fi khoir.
Artinya: “Semoga Allah senantiasa memberkahimu dalam keadaan mudah dan dalam keadaan sulit, serta mengumpulkan kalian berdua senantiasa dalam kebaikan.”
 
5. Ketika bayi yang baru dilahirkan

Ketika ada saudara, tetangga maupun teman kita yang mendapat rezeki anak yang baru lahir, kita dianjurkan untuk mendoakan keberkahan bagi mereka dan si anak yang baru lahir tersebut. Bacaannya adalah;
“Barakallahu laka fil mauhub, wa syakarta al wahib, wa balagha asyuddahu, wa ruziqta birrahu.”
Artinya: “Semoga Allah memberkati kamu pada anak yang dikurniakan-Nya kepadamu, semoga kamu mensyukuri Tuhan Yang Maha Pemberi, semoga anak itu akan mencapai umur kuat/matangnya dan semoga kamu akan diberi rezeki kebaikannya.”
 
Nah… Sob, sekarang sudah tahukan waktu yang tepat untuk mengucapkan ‘barakallah’? semoga doa-doa yang kita ucapkan untuk orang lain, akan menjadi doa terbaik bagi kita juga ya Sob. So… jangan pelit untuk mendoakan orang lain, apapun kondisi kita.
 
Wallahu’alam.
 
Semoga bermanfaat.
 
Referensi: dari berbagai sumber/ http://annida-online.com

0 komentar:

"Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian menolong (Agama) Allah, niscaya Dia akan menolong kalian dan meneguhkan kedudukan kalian....." (QS: Muhammad:7)
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Zona Pelajar Smart - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger