Home » » Mentoring Islam

Mentoring Islam

Mentoring Islam adalah metode belajar dengan sistem mendukung dan mendorong siswa untuk mengatur metode belajarnya sendiri agar maksimal potensi membangun ketrampilan, mengembangkan performa yang sesuai kepribadiaan Islam.
terdapat beberapa unsur yang menjadi benang merah dari berbagai definisi mentoring yang ada. Pertama mentoring itu merupakan suatu bentuk interaksi sosial dalam wujud suatu hubungan antar-manusia. Kedua, mentoring merupakan proses yang membantu seseorang untuk menemukan kenyamanan menghadapi proses pembelajaran dalam hidupnya. Ketiga, mentoring merupakan proses peningkatan.Baik peningkatan profesionalitas, dan performa. Keempat, yang pasti mentoring bukan untuk mendikte, tapi mentransfer pengetahuan dan pengalaman. Kelima, mentoring membantu mentee untuk menemukan jati dirinya.


KENAPA HARUS MENTORING ISLAM ?


serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.(an – Nahl ; 125)

Data ;

Pada tahun 2000 yang lalu sekitar 70% dari 4 juta pecandu Narkoba tercatat sebagai anak usia sekolah, antara 14 hingga 20 tahun. Dan kecenderungan adanya peninggkatan pada setiap tahunnya.

BKKBN Jawa Barat tahun 2000 menemukan dari 8,7 remaja di Jabar sekitar 5,6 % diantaranya telah melakukan seks bebas. Sedang Dinas Kesehatan Kota Bandung mencatat, dari 1.058 kasus yang masuk ke Konseling Kesehatan Remaja, tercatat 22,7% atau sekitar 240 remaja melakukan hubungan pranikah dan sekitar 1,04 % atau 11 orang telah hamil sebelum nikah (Harian Pikiran Rakyat). Itu data 8 Tahun yang lalu !

Di Jakarta , sedikitnya 5 Pelajar tewas dalam tiga hari minggu pertama tahun ajaran baru 1999/2000(Kompas 11 Oktober 2000). Penelitian DR. Winarni Wildan Mansoer, dosen Fakultas Phiskologi UI pada Tahun 1997 menunjukan tawuran melibatkan 137 sekolah (10% SLTP), 247 Titik rawan di jalanan, dan 11 Titik rawan di Terminal.(?)

Demikian sedikit contoh arus Demoralisasi yang kenyataan sesungguh lebih memiriskan hati, yang melanda para pelajar. Mereka adalah generasi muda kita yang dimasa yang akan datang bangsa dan Negara ini berada. Adalah tugas kita menyelamatkan, tidak terkecuali. Pembekalan keimanan dan dan pengetahuan Agama Islam
yang kuat.selain itu, keilmuan dan ketrampilan yang ddibekalkan kepada pemuda segera menuntut pengembangan untuk menghadapi era globalisasi. Kita tentu tidak menginginkan generasi masa depan yang lemah, apalagi lemah yang intergral; intelektualitas, moralitas dan fisiknya.
Setidaknya adan tiga elemen yang memegang kunci jawaban atas permasalahan remaja ini. Ketiga elemenyang berhubungan dengan proses pembentukan dan pendidikan pelajar ini adalah orang tua, masyarakat dan sekolah.
Ruang Lingkup Mentoring
Tujuan Mentoring
Siswa muslim memperoleh Pemahaman tentang Islam dan bersemangat untuk beribadah kepada Allah dengan benar
Sasaran Mentoring
Mentoring ditujukan untuk remaja Muslim dan di Bimbing oleh para Mentor yang terlatih dan terkontrol perkembangannya
Pelaksanaan
Mentoring dilaksanakan satu pekan sekali selama 2 Jam

ASAS, TUJUAN, VISI, MISI DAN NILAI-NILAI MENTORING ISLAM

Asas pengelolaan mentoring adalah Islam, yang bersumber dari Al Quraan dan Sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Hal ini sesuai dengan tujuan SMART Club sehingga Islam menjadi dasar rujukan pembinaan peserta mentoring. Setiap kegiatan dalam rangka pembinaan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Islam yang sudah baku, baik dari segi aqidah, syari’ah, ibadah maupun muamalah. Karena itu, suasana islami harus kental menyelimuti setiap aktivitasnya maupun aktivisnya, baik Pengurus TPM, Mentor maupun peserta. Kegiatan-kegiatan yang merupakan manifestasi interaksi dengan Al Quraan dan As Sunnah dalam program ini sangatlah menonjol, seperti misalnya: tilawah Al Quraan, kajian terjemah Al Quraan dan tafsirnya, hafalan ayat-ayat Al Quraan dan petikan-petikan As Sunnah, pemahaman hadits-hadits nabawiyyah dan lain sebagainya.

1 komentar:

Hani Andiyono mengatakan...

wah, sepakat, yang perlu kita tingkatkan adalah , bahwa dalam setiap proses mentoring kita selalu based on data, karena inilah yang akan menjadi bukti bahwa mentoring islam itu ada outputnya. Data itu mutlak diperlukan, contoh kasus ada teman saya yang sebenarnya ingin mengambil tema skripi tentang mentoring, tetapi karena keterbatasan data....., belum daapt merealisasikan itu. semoga semakin banyak tulisan, artikel, dan karya ilmiah untuk mengangkat mentoring islam> jaz

"Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian menolong (Agama) Allah, niscaya Dia akan menolong kalian dan meneguhkan kedudukan kalian....." (QS: Muhammad:7)
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Zona Pelajar Smart - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger